Kamis, 21 Januari 2016

Sejarah Teknik Sipil Serta Prospek Kerja


Teknik Sipil (Civil Engineering) adalah Ilmu yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membangun, merenovasi, tidak hanya gedung dan infrastruktur, tetapi juga mencakup lingkungan untuk kebaikan hidup manusia maka dari itu ilmu ini disebut dengan sipil.
Teknik sipil termasuk profesi yang sudah berkembang sejak lama. Diperkirakan, sudah berkembang di Mesir kuno dan Mesopotamia antara 4000 sd 2000 SM. Pyramid Raja Djoser yang diketahui terdapat di kompleks Saqqara, diakui sebagai pyramid tertua di dunia (berusia lebih dar 4000 tahun atau sekitar tahun 2600 SM) dibangun seorang engineer bernama Imhotep. Yang masih megah berdiri hingga kini.
Awalnya Profesi Engineer ini dimiliki oleh militer (bagiang dari jabatan militer) untuk membangun pertahanan, benteng, pos pos militer, jalan, jembatan dan bangunan pendukung perang lainnya. Seusai perang, para engineer ini dibutuhkan untuk membangun ulang kota yang sudah hancur, menata kota lebih teratur sesusai kebutuhan sehingga akhirnya profesi ini terpisah dari militer yaitu Teknik Sipil. Ilmu yang melingkupi Teknik Sipil ini termasuk matematika, kimia, geologi, lingkungan hingga komputer. Semuanya memiliki fungsi penting dalam Teknik Sipil. Istilah Teknik Sipil sendiri dikenalkan oleh John Smeaton seorang kebangsaan inggris yang telah banyak berkarya membangun berbagai macam struktur seperti “Eddystone Lighthouse" yang dibangun pada tahun 1756.

Cabang-cabang ilmu teknik sipil
- Struktural.
- Geoteknik.
- Manajemen Konstruksi.
- Hidrologi.
- Teknik Lingkungan
Di beberapa perguruan tinggi di Indonesia, Teknik Lingkungan sudah dijadikan program studi terpisah dari teknik sipil (tapi masih dalam satu fakultas atau departemen) karena kebutuhan yang semakin spesifik di zaman yang semakin modern.
- Transportasi.
- Informatika Teknik Sipil

Keluasan cabang dari teknik sipil ini membuatnya sangat fleksibel di dalam dunia kerja. Profesi yang didapat dari seorang ahli bidang ini antara lain:
- kontraktor
- konsultan
- manager proyek
- direktur perusahaan
- dosen, dan masih banyak lagi.

0 komentar:

Posting Komentar