Sabtu, 23 Januari 2016

Salah Jurusan itu Menguntungkan, Sebenarnya!

Tidak di pungkiri lagi jika kita yang saat ini sedang duduk di bangku kuliah pasti salah satu teman atau bahkan kita sendiri itu pasti ada yang salah masuk jurusan.
Sebenarnya kalimat salah jurusan itu adalah efek kekecewaan dari mahasiswa yang kuliah pada jurusan yang bukan harapan mereka sebelumnya.


Jika kita sekarang kuliah di jurusan teknik sipil tapi sangat ingin kuliah di jurusan arsitektur, atau kita yang kuliah di jurusan arsitektur tapi sangat ingin kuliah di jurusan desain interior, ataupun sebaliknya. Ketahuilah sebenarnya kalian sedang mengalami proses keberuntungan. Kenapa masih dalam proses ? Karena keberuntungan tersebut akan datang waktu nya ketika kalian sudah menyelesaikan bangku perkuliahan nanti. Secara langsung ataupun tidak langsung kita pasti memahami tentang ilmu yang kita pelajari saat ini, dan siapa tau ilmu tersebut bisa kita gunakan saat didunia kerja nanti.

Jika kita sangat mencintai ilmu yang bukan pada jurusan kita, saran saya adalah kita harus tetap kejar ilmu itu, harus belajar walaupun dengan sedikit usaha yang lebih untuk mendapatkan ilmu tersebut. Di zaman seperti saat ini sangat mudah untuk mendapatkan informasi atau ilmu dari media apapun, seperti misalnya majalah, buku, internet dll. Tidak ada alasan untuk tidak mengejar ilmu yang kita impikan tersebut. Karena ilmu - ilmu yang kita pelajari didalam bangku kuliah ataupun yang kita pelajari sendiri diluar kampus itu pasti sangat berguna ketika kita telah mendapatkan pekerjaan nanti.


Bayangkan jika kita sekarang adalah mahasiswa teknik sipil tapi sangat mencintai arsitektur, jangan mengeluh karena kita tidak mendapatkan harapan yang kita inginkan. Syukuri apa yang kita pelajari dan dapatkan saat ini, dan kalian tetap harus berusaha untuk mencari informasi atau pengetahuan tentang arsitektur tersebut dengan berbagai cara dan media yang ada pada saat ini. Perkuliahan kita akan tidak terasa berat jika kita ikhlas dan menerima apa yang menjadi jalan kita dan diikuti dengan usaha untuk tetap menggapai mimpi yang kita impikan.

Percayalah pada akhir nya setelah kita menyelesaikan bangku perkuliahan kita nanti, kita tidak akan menyesali apa yang kita pelajari di kampus saat ini bahkan kita akan merasa sangat beruntung karena kita telah mendapatkan 2 bidang ilmu sekaligus yang nantinya akan bermanfaat pada wawasan dan pengetahuan kita didunia kerja nanti.


Pada intinya adalah syukuri apa yang ada pada saat ini, dan tetap semangat untuk mengejar harapan atau impian kita untuk menjadi kenyataan. Ubah lah mindset kita tentang salah jurusan itu yang merugikan menjadi suatu hal yang menguntungkan dalam berinvestasi ilmu dimasa depan.

0 komentar:

Posting Komentar