Sabtu, 23 Januari 2016

Popularitas Seorang Arsitek dan Teknik Sipil



Jika kita perhatikan setiap kali bangunan yang megah ataupun unik kita pasti langsung bertanya tanya siapakah arsitek bangunannya ? Kenapa pikiran kita langsung terlintas arsiteknya ?

Padahal dalam pembuatan sebuah bangunan arsitek tidak bekerja sendirian, dia membutuhkan seorang partner kerja di bidang lain agar dapat membantu menyelesaikan bangunan tersebut dengan sempurna, salah satu nya adalah seorang ahli teknik sipil. Ahli teknik sipil akan merealisasikan konsep atau rancangan dari seorang arsitek agar bangunan tersebut menjadi nyata.


Tetapi tetap saja nama arsitek lebih terkenal dari nama seorang ahli teknik sipil. Ada beberapa sebab mengapa seorang arsitek lebih dikenal masyarakat dibandingkan dengan seorang teknik sipil.

1. Seorang arsitek telah dibekali ilmu dalam hal merancang seni bangunan, sehingga arsitek bisa membuat bangunan - bangunan yang lebih inovatif dan tidak biasa dari segi bentuk desain dan keindahan nya yang bisa dilihat langsung oleh masyarakat awam (biasa).

2. Peran teknik sipil disini membangun bangunan yang berasal dari rancangan arsitek tadi, jadi teknik sipil pasti akan mengikuti apa yang direncanakan oleh arsitek.

3. Teknik sipil telah dibekali ilmu dalam hal kekuatan sebuah bangunan, akan tetapi kekuatan bangunan tersebut tidak bisa dilihat secara mata telanjang, butuh alat pengukur untuk mengetahui kekuatan sebuah bangunan.

3. Meskipun tidak menutup kemungkinan bahwa akan ada inovasi - inovasi terbaru dari teknik sipil, tapi itu adalah hal yang cukup sulit untuk dilakukan, karena fokus seorang ahli teknik sipil adalah kekuatan pada bangunan bukan pada bentuk.

4. Seorang arsitek akan selalu berusaha untuk membuat karakter , cerita ataupun tujuan pada setiap - setiap bangunan yang dirancangnya, karena hal itulah yang dapat membedakan bangunan satu dengan yang lainnya.

5. Manusia sangat menyukai keindahan, jika keindahan tersebut di aplikasikan kepada bangunan. Maka itu adalah tugas seorang arsitek untuk melakukannya bukan tugas seorang teknik sipil.


Itulah beberapa alasan mengapa popularitas seorang arsitek lebih tinggi dibandingkan dengan seorang teknik sipil di mata masyarakat awam (biasa). Akan tetapi di dalam dunia bangunan, peran seorang teknik sipil adalah sosok peran yang sangat penting juga, karena tanpa sosok teknik sipil tidak akan pernah ada bangunan yang bisa berdiri kokoh dan kuat.


Intinya adalah entah itu seorang arsitek atau pun seorang ahli teknik sipil, mereka adalah peran yang pasti dibutuhkan dalam setiap pembangunan dimanapun dan sampai kapanpun.
Arsitek dan teknik sipil adalah sebuah ilmu yang berkaitan antara satu dengan yang lain. Hanya saja masyarakat awam (biasa) lebih mengenal seorang arsitek dibanding teknik sipil, karena hasil yang dikerjakan seorang arsitek dapat diterima dan mudah dimengerti oleh masyarakat awam (biasa)

0 komentar:

Posting Komentar