Jumat, 22 Januari 2016

Alat - Alat Berat

Pengelompokkan Alat Berat
Alat Pengangkat (Crane)
Secara umum alat berat yang berfungsi untuk mengangkat antara lain:

1. Crane Beroda Crawler
Crane Beroda Crawler adalah alat pengangkat yang biasa digunakan untuk mengangkat material yang akan dipindahkan yang dapat berputar 360°.  Crane beroda crawler ini memiliki roda crawler yang dapat bergerak dengan leluasa di proyek. Pada saat pengangkatan material, hal-hal yang perlu diperhatikan adalah posisi alat pada waktu pengoperasian yaitu keseimbangan alat dan penurunan permukaan tanah akibat beban dari alat tersebut yang harus diperhatikan.


2. Truck Crane
Truck Crane memiliki fungsi yang sama seperti crane beroda crawler yakni sama-sama digunakan untuk mengangkat dan memindahkan material di proyek yang dapat berputar 360°. Perbedaan Truck Crane dengan Crane beroda crawler hanya terletak pada bagian rodanya saja. Karena hal inilah maka truck crane sangat tidak stabil dibandingkan dengan crane beroda crawler. Kondisi tempat truck crane bekerja harus ditempatkan di tempat yang tidak ada guncangannya, permukaan tanah harus datar, dan cuaca di lokasi proyek tanpa angin yang keras.

3. Tower Crane
Tower Crane adalah alat yang digunakan untuk mengangkat material secara vertikal dan horizontal ke suatu tempat yang tinggi pada ruang gerak yang terbatas. Tower Crane paling banyak digunakan pada proyek konstruksi karena alat ini paling bisa digunakan pada proyek-proyek yang memiliki ketinggian yang agak tinggi jika dibandingkan jenis crane yang lainnya.
Pada proyek besar seperti gedung pencakar langit (high rise building) diperlukan pondasi yang kuat untuk menyangga beban besar diatasnya. Pada saat pemancangan tiangnya biasanya digunakan alat pemancang khusus.

0 komentar:

Posting Komentar