Minggu, 24 Januari 2016

Alat Pelindung Diri (APD) Engineer

Sebagai seorang engineer kita tidak akan selalu bekerja di dalam ruangan, ada saat nya kita harus ke lapangan untuk memantau perkembangan proyek yang kita kerjakan. Saat berada di lapangan kita harus menaati aturan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang telah berlaku, salah satu nya dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD).

Pelindung diri berfungsi untuk melindungi diri agar tidak mengalami cedera akibat kerja. Pelindung badan yang harus digunakan pada pekejaan kontruksi adalah sebagai berikut :

1. Helm (Safety Helmet)
Berfungsi sebagai pelindung kepala dari benda jatuh yang bisa mengenai kepala baik secara langsung maupun tidak langsung, untuk itu helm harus dipilih yang baik mutunya.


2. Kaca Mata Pengaman (Safety Glasses)
Berfungsi sebagai pelindung mata dari partikel - partikel kecil seperti debu, radiasi, atau sinar yang meyilaukan.
3. Masker (Respirator)
Berfungsi sebagai penyaring udara yang dihirup saat bekerja yang memiliki kualitas udara yang buruk misal debu semen atau unsur kimia.
4. Sabuk Keselamatan (Safety Belt)
Berfungsi sebagai mencegah kita agar tidak terjatuh saat bekerja di tempat yang tinggi nya lebih dari 2 meter.

5. Sarung Tangan (Kain, Kulit, atau Karet)
Untuk melindungi tangan dari cidera yang berasal benda - benda tajam, goresan, bahan - bahan kimia, benda panas/dingin, ataupun kontak arus listrik.
6. Sepatu (Safety Shoes)
Berfungsi untuk mencegah kecelakaan fatal yang menimpa kaki karena benda tajam, berat, panas,  cairan kimia, dan sebagainya.


0 komentar:

Posting Komentar