Rabu, 27 Januari 2016

Mengenal Cat Besi

Cat besi yang ada di pasaran terdapat lima jenis, yaitu cat alkyd sintetik, cat aluminium, cat epoxy, cat duco, dan cat efek.

1. Cat Alkyd Sintetik
 Cat jenis ini kering udara dan mengandung pigmen titanium dioksida serta merupakan jenis cat yang mudah pengaplikasiannya. Di pasaran sangat mudah mendapatkan cat jenis ini. Harganya yang terjangkau dan ketahanannya membuat cat ini lebih sering digunakan untuk mengecat besi. Cat sintetik memiliki beragam gradasi warna gelap hingga terang.

2. Cat Aluminium
 Jika dilihat dari namanya, bukan berarti cat aluminium hanya digunakan untuk pagar yang berbahan dasar aluminium. Akan tetapi, cat ini digunakan bagi Anda yang menginginkan warna keperak - perakan atau seperti stainless steel. Cat jenis ini hanya tersedia dalam satu warna.

3. Cat Epoxy
 Cat jenis ini sebenarnya memiliki kekuatan melindungi yang lebih baik dibandingkan dengan cat sintetik. Ini disebabkan oleh minyak sebagai bahan dasarnya diolah secara kimiawi sehingga labih stabil, misalnya jika terkena panas tidak menguap. Oleh karena proses pembuatannya tidak rumit dan kualitasnya lebih bagus dari cat sintetik maka harganya pun lebih mahal.

4. Cat Duco


Cat jenis duco sering digunakan untuk mengecat mobil atau motor. Oleh karena sifatnya yang amat halus, aplikasi cat duco ini menggunakan alat penyemprot bertekanan tinggi. Selain itu, penggunaan cat ini agak boros karena pelapisannya harus dilakukan berkali - kali. Menggunakan cat ini memerlukan biaya yang tidak sedikit.

5. Cat Efek

 Penggunaan cat efek saat ini sedang menjadi trend di kalangan masyarakat perkotaan. Cat jenis ini mampu memberikan tampilan yang berbeda. Hasil pengaplikasian dari cat ini menghasilkan berbagai efek seperti terkstur granit, kesan antik, retak - retak, bahkan besi tempa.

Sumber: Buku Pagar Untuk Rumah Tinggal

0 komentar:

Posting Komentar